Strategi Guru Kelas Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III di SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang
Abstract
Pembelajaran Tematik mengaitkan beberapa mata pelajaran yang digabung menjadi satu rangkap yang dilaksanakan dalam sehari. Dalam menentukan strategi yang digunakan, salah satunya guru menyiapkan bahan ajar yang terdiri dari berbagai perangkat pembelajaran dengan mencantumkan tujuan, metode, media pembelajaran dan melihat kemampuan peserta didik juga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh oleh Guru, wakakurikulum, serta kepala sekolah SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tematik di SDI Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang menggunakan beberapa strategi, yaitu strategi pembelajaran langsung yang memuat penyiapan bahan ajar, pemilihan metode, dan media pembelajaran. Strategi pembelajaran partisipatif memuat pelibatan siswa dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran eksperensial memuat penggunaan ice breaking dan refleksi pembelajaran. Strategi belajar tuntas memuat evaluasi pembelajaran. Kemudian terdapat faktor penghambat yaitu minat siswa yang berbeda, menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode, mengkoordinasi siswa. faktor pendukung yaitu sikap siswa yang responsive, perangkat pembelajaran, dan media pembelajaran.
References
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2013.
Gusrina, Anggi, dkk. “Analisis Keterlibatan Belajar Siswa Secara Online” dalam Jurnal Penelitian dan Pengabdian, Vol, 1, No. 7 November 2021.
Kadir, Abdul dkk. Dasar-dasar pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012.
Muklis, Mohammad. “Pembelajaran Tematik”, dalam Jurnal Fenomena, Vol, IV, No. 1 2012.
Marzatifa, Leta, dkk. “Implementasi, Manfaat dan Kendalanya Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, Vol, 6, No. 2 2021.
Mujib, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Ciptaan Press, 2006.
Mufarokah, Annisatul. Strategi dan Model-model Pembelajaran, Tulungagung : STAIN Tulungagung Pres, 2013.
Nasution, S. Metode Research, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Sari, Sulistriani. Skripsi : “Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan DI SMA Muhammadiyah 25 Pamulung”, Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah 2019.
Sani, Ridwan Abdullah. Strategi Belajar Mengajar, Depok : PT RajaGrafindo Persada 2019.
Yustisia, Tim Pustaka. Panduan Lengkap KTSP, Yogyakarta : Pustaka Yustisia, 2008.
Yasyakur, Moch. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu”, dalam Jurnal Edukasi Islami Pendidikan Islam, Vol, 05, Januari 2016.

