Survei Pelaksanaan Praktik P5 terhadap Pembentukan Nilai Karakter Pancasila pada Siswa di SMPN 39 Kota Semarang
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah program Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk membentuk karakter siswa melalui pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan tematik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur efektivitas P5 dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 39 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pelaksanaan P5 cukup tinggi, dengan 48,5% merasa puas dan 51,5% sangat puas. Pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila terlihat positif, dengan presentase sebesar 84,2% siswa menyatakan setuju dan 16,8% sangat setuju bahwa program ini berkontribusi dalam membantu para siswa menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil survei dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas program, terutama dengan memperkuat peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam dan berkelanjutan.
References
Awwaliyah, N. P., & Nugroho, A. S. (2023). Analisis Ideal dan Realita Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan P5 di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 7032-7050.
Choeriyah, L., & Nusantara, T. (2020). Studi etnomatematika pada makanan tradisional Cilacap. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210-218.
Fachrina, N. A., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas V SD 1 Kaliwungu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 772-781.
Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420-429.
Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1), 33-47.
Irsyad, I., & Fitri, Y. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Batusangkar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5149–5157. Retrieved from https://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3192
Kezia Y. Saiya, R. K. (2023). Analisis Iklim Sekolah Penggerak dalam Menunjang Pembelajaran dengan Paradigma Baru. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1156-1167.
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569-7577.
Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1-8.
Maharani, S. A. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Pujiastuti, P., Egar, N., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila Dimensi Kemandirian dan Gotong Royong di SD Negeri Plosogaden Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 13(2).
Putri Wahyuningsih, M. N. (2023). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Berkebinekaan Global dan Gotong-Royong di SMP Negeri 39 Semarang. JIPS: Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 611-621.
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
Rusady, D. A., Hendriyanto, A., & Khalawi, H. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Mengembangkan Karakter Siswa SDN 2 Hadiwarno (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Syafi’i, F. F. (2022, January). Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Tohirin, S. (2024). Peran guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik melalui implementasi program proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 5 Pekalongan (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404-13408.
Winda Nur Azizah, P. L. (2021). Pengimplementasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Kelas Inklusi SMPN 39 Semarang. Sosiolium , 8-15.