SMARTFEST: Ruang Gelar Karya dan Aktualisasi Pendidikan Multikultural di SMAN 1 Jamblang
Abstract
Pendidikan multikultural merupakan pendekatan yang bertujuan membangun sikap toleransi, penghargaan, dan pemahaman terhadap keberagaman budaya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Jamblang, Kabupaten Cirebon, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam pelaksanaan program Smartfest (SMANJA Art Festival) sebagai ruang gelar karya dan media aktualisasi pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Smartfest mampu meningkatkan kreativitas, kerja sama, dan toleransi di kalangan siswa. Program ini menjadi ajang bagi siswa untuk menampilkan karya-karya terbaik yang dikemas dengan sentuhan budaya lokal, sehingga tidak hanya mendorong pengembangan potensi individu tetapi juga melestarikan kebudayaan. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya kegiatan berbasis budaya lokal sebagai sarana mendukung pendidikan multikultural. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain dalam merancang kegiatan serupa yang berorientasi pada penguatan nilai-nilai multikultural dan pelestarian budaya lokal.
References
Akbar, M. B., & Darmawan, W. (2023). Pendidikan multikultural melalui Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) sebagai sumber pembelajaran sejarah kreatif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 92-98.
Anton, A., Jamilah, S., Fitriani, D., Amelia, S., & Firmansyah, I. K. (2024). Strategi implementasi pendidikan multikultural di era globalisasi. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6850-6857.
Effendi, H. (2021). Strategi Pendidik Pondok Pesantren Dalam Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 32-39.
Firdaus, W. A. (2024). Tantangan dan peluang multikulturalisme dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 116-125.
Hadijaya, Y., Fahrezi, M., Intan, N., Wasiyem, W., Zakiyah, N., & Azhari, M. T. (2024). Konsep multikulturalisme dan pluralisme dalam pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3101-3108.
Himmah, A. N. (2022). Pengembangan budaya literasi membaca senyap di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 213-227.
Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: Pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1), 23-35.
Khairani, I., & Safiti, R. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 32-40. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9814
Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan multikultural di sekolah dasar (sebuah studi pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51.
Nafi'ah, S. A. (2020). Memperkuat identitas bangsa melalui pendidikan multikultural: Konsep, prinsip, implementasi. Guepedia.
Puspita, Y. (2018). Pentingnya pendidikan multikultural dalam menciptakan masyarakat yang harmonis. Jurnal Pembangunan Sosial, 7(2), 178-185.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Ramat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111-123.
Rohiyatun, B. (2016). Hubungan strategi pembelajaran berbasis multikultural dengan prestasi belajar siswa di SMK Pertanian Ishlahul Anam Batukliang Lombok Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Ilmiah Mandala Education, 2, 208-215.
Rokhman, A. N., & Misbah, M. (2023). Strategi pendidikan budi pekerti. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1), 437-440.
Roszi, J. P., & Mutia, M. (2018). Akulturasi nilai-nilai budaya lokal dan keagamaan dan pengaruhnya terhadap perilaku-perilaku sosial. Fokus Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(2), 171-180.
Sholichatin, P., & Nadilah, F. M. (2023). Aktualisasi pendidikan multikultural di sekolah dasar berbasis agama Islam di Kabupaten Banyumas. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 138-148.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Sutisnawati, A., Maksum, A., & Marini, A. (2021). Implementasi pendidikan multikultural berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila P5 di sekolah dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). Universitas PGRI Palembang.
Wahyuni, S., & Dafit, F. (2024). Pendidikan multikultural untuk nilai-nilai budaya daerah siswa di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 630- 637.