Strategi guru pondok pesantren Al Husna dalam pembelajaran Nahwu

  • Muhammad Anhar IAIN Samarinda
  • Khairy Abusyairi IAIN Samarinda
  • Sayid Ahmad Jihad IAIN Samarinda
Keywords: Strategi Guru-Guru, Pembelajaran Nahwu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi pembelajaran nahwu dan juga faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran nahwu pada Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Sebrang. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan serta memberikan manfaat bagi yang terlibat dalam proses pembelajaran nahwu pada umumnya terkhusus bagi Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Sebrang sendiri sebagai lokasi dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, dan adapun alat pengumpul data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian strategi pembelajaran Nahwu yang dilakukan di pondok pesantren Al Husna Samarinda sebrang yaitu menggunakan strategi Problem Basic Learnng (PBL), Strategi menumbuhkan rasa cinta terhadap ilmu, Strategi Ekspositoris, Strategi Musyawarah, dan yang menjadi strategi utama dalam pembelajaran nahwu adalah strategi Qiyasi dan Strategi Istiqrori, dengan Setiap masing masing kelas memiliki guru yang khusus mengajar Nahwu dengan menggunakan strategi yang telah disebutkan sesuai dengan situasi dan kondisi kelas, dengan alokasi waktu pembelajaran setiap kelas yaitu 2 jam.

References

Boudelaa, Sami, and William D. Marslen-Wilson. “Morphological Structure in the Arabic Mental Lexicon: Parallels between Standard and Dialectal Arabic.” Language and Cognitive Processes 28 (2013): 1453–73. https://doi.org/10.1080/01690965.2012.719629.
Dadang Sunendar and Iskandar Wassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Deviana, Ade Destri, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. “Thinking-Based Learning Strategy of Ulumul Hadith for Students of Arabic Language Department of State Islamic Institute (ar).” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 7, no. 2 (December 22, 2019): 73–84. https://doi.org/10.23971/altarib.v7i2.1560.
Fattah, Mustamin, and Sayuri Sayuri. “Penguatan Program Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan KKL Posdaya Masjid.” FENOMENA, June 1, 2019, 47–68. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1380.
Martan, Martan, Khairy Abusyairi, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. “معاني حروف الجر (دراسة تحليلية عن حرف ‘من’ فى سورة الكهف).” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2019): 227–35. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.3799.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, 2013.
Pimada, Luluk Humairo, Imam Muttaqin, and Wildana Wargadinata. “Ta’līm al-lughah al-‘Arabiyyah min Khilâl Qudroh al-Qirâah al-Qurân wa Kitâbatih Ladayy at-Tholabah bi Madrasah al-Mutawassithah fī Kalimantan as-Syarqiyy.” Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (December 30, 2019): 1–17.
Rahman, Nur Fuadi. “Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 22–35. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2593.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Wekke, Ismail. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June 2, 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236.
Wijaya, Ida Suryani, and Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ Bi Al-Wasit al-Muta’addidah Li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah Fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (December 9, 2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.


Al-Ta’rib, Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Saraf Dengan Menggunakan Kitab Kuning, “Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasa araban”, Volume 6, Nomor 1
Anwar Abd. Rahman,”Keterampilan Membaca dan Teknik Pengembangannya dalam pembelajaran bahasa Ara”,dalam jurnal diwan edisi no. 2 Vol.III, 2017
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002, Cet.XII)
Aziz, Abd. ”Orientasi system Agama Pendidikan Islam di Sekolah”, (Yogyakarta: Teras, 2010)
Bisri Mustofa dan Abdul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press,2012)
Budio Sesra",STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH" Dalam Jurnal Menata, Vol,2 No.2 Juni-Juli 2019
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002).
Djamarah ,Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
Fachrurrozi ,Aziz dan Erta Mahyuddin, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab,CV. Pustaka Cendekia Utama,Bandung,2011
Fatimah dan Ratna Dewi Kartika Sari, “Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa” Dalam Jurnal PBSI Volume 1 No. 2 Bulan Oktober Tahun 2018
Hijriyah, Umi. Analisis Pembelajaran Mufradat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah,(Surabaya: CV. Gemilang)
Khaldun, Ibnu. al-Muqaddimah, Maktabah Syāmilah v.2.11
Lubis, Hamid Hasan. Glosarium Bahasa dan Sastra, (Bandung: Angkasa),
Marno & Idris, Strategi dan Metode Pembelajaran, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta, 2009
Martinis Yamin, Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Referensi, Gp Press Goup, Ciputat, Jakarta, 2013,
Masitoh & Laksmi Dewi, Strategi Pembelajaran (Jakarta: DEPAG RI, 2009), 37
Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)
Mualif, A. “Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab” Dalam Jurnal AL-HIKMAH Vol 1, No 1 (2019)
Muna,Wa. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi”,Yogyakarta:Teras,2011
Nauri,Dicky Nhatiq.“Metode Pembelajaran Nahwu Pada Pondok Pesantren Miftahul Huda 06 Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat” Skripsi. (Lampung : Perpustakaan.UIN Raden Intan Lampung, 2018
Nurjannah , Dewi Vivi, “Efektivitas Pembelajaran Nahwu dengan Menggunakan Kitab Nahwu Langkah I dan II di Pondok Pesantren Fadlun Minallah Wonokromo Bantul”. Skripsi, (Yogyakarta: Perpustakaan PPs.UIN Sunan Kalijaga, 2014
Pateda, Mansoer. Linguistik Sebuah Pengantar, (Bandung: Angkasa),
Rahman, Dine, “strategi pembelajaran guru bahasa Arab dalam membangkitkan minat belajar siswa kelas VIII di MTsN Sumberagung Jetis Bantul”. Skripsi, (Yogyakarta: Perpustakaan PPs.UIN Sunan Kalijaga, 2009),t.d.
Rijali, Ahmad.“Analisi Data Kualitatif”, Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018
Romlah, Siti. "Kerjasama Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta." (2009)
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung : Alfabeta, 2012),
Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Sehri bin Punahwan, Ahmad. “Metode Pengajaran Nahwu Dalam Bahasa Arab” Dalam Jurnal Al-Hunafa Vol. 7,No.1, April
Subini, Nini. Awas! Jangan Jadi Guru Karbitan, PT. Buku Kita, Jogjakarta, 2012,
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2006)
Sumiati, “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Tarbawi, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 No.2, Juli-Desember 2018
Suprihatiningrum, Jamil, Guru Professional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru,( Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2004),
Syaiful Mustofa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN Maliki Press, 2011
Syamsudin dan Vismaia, Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007),
Thoha, Habib. Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Semarang: Pustaka Pelajar, 1996)
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta :Bumi Aksara, 2012)
الشيخ مصطفى الغلاييني، جامع الدروس العربية، موسوعة في ثلاثة أجزاء، صيداـ بيروت،1989
عبد. الرحمن بن إبراهيم الفوزان وآخرون ، العربية بينا يديكا ، الأول (الرياض: العربية للجامع ، 1423/2002) ، ص
عبد الكریم الخلایلة، عفاف اللبابیدي، طرق تعلیم التفكیر للأطفال ، الطبعة الأولى عمان: الأردن، دار الفكر, ١٩٩٠
عبد الله الحسين ، تيسير النحوي عند عباد حسن في كتابي النحوي الوافي ، جامعة أم القرى ، مكة المكرمة ، أطروحة ، 2010
عبد الله ، الدرس النحوي في القرن العشرين ، (القاهرة: مكتب أدب ، 2004). شيء.
حسين, طه. "مشكلة الإعراب", مجلة مجمع اللغة العربية بالقاهرة الهيئة العامة لشئون المطابع الاميرية, 1959
حمود إسمعيم انصيىي. انمىحم- مجهت انعشب األدبيت-انعذد 504 انمجهذ 54 ال ورو انقعذة 413 هـ،
Published
2020-12-31
How to Cite
Anhar, M., Abusyairi, K., & Jihad, S. A. (2020). Strategi guru pondok pesantren Al Husna dalam pembelajaran Nahwu. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(3), 161-175. https://doi.org/10.21462/educasia.v5i2.104