Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Samarinda

  • Wiwin Wiwin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Robingatin Robingatin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Saugi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: penanaman nilai-nilai, nilai agama dan moral, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai–nilai agama dan moral pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai – nilai agama dan moral pada anak usia kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, dan wali kelas. Sumber data sekunder yaitu dokumentasi. Data analisis menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu data kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama dan moral anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Samarinda yaitu bahwasannya ada beberapa kegiatan yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai keagaaman dan moral bagi anak. Kegiatan tersebut meliputi penanaman nilai agama melalui penghapalan doa-doa sehari-hari, metode menghapal juz amma, kegiatan menghapal hadits, menerapkan program tahfidz, praktek berwudhu, praktek sholat, mengaji, dan mewarnai huruf hijaiyah. Semua ini dilakukan oleh guru berdasarkan aturan serta kurikulum yang berlagsung baik oleh pemerintah maupun kurikulum sekolah. Adapun faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral bagi anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Atfhal 14 adalah melalui sarana dan prasarana, sikap positif yang diberikan oleh guru kepada anak, guru menggunkan media pembelajaran. Adapun faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral bagi anak adalah ketidak sabarannya guru dalam mendidik anak sehingga kegiatan pembelajaran yang digunakan terkadang tidak terlaksana dengan baik.

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: CV Jejak, 2018). hlm 7-9.
Armai, Arief. Pengantar Ilmu dan Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2011) hlm, 17
Basuni, Akhmad. Psikopedagogik Islam Dimensi Baru Teori Pendidikan, (Yogyakarta: Deepublish, 2021), hlm 36-37.
Diana, Rifka. Wawancara, Guru Kelas, Sentra Agama, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14
Eprints.ums.ac.id/26736/2BAB_I.pdf , diakses pada tanggal 06 Januari 2022
Jati, Rinda Laila. Penerapan Metode Karyawisata dalam Pengembangan Kognitif Anak di TK Kota Samarinda’’, Skripsi, PIAUD IAIN Samarinda, 2019.
Masitoh. Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di TK, Modul I, PGTK 220 hlm.1.19
Masunah, Cahyatun. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus Di Lbb Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan), 2017 Jurnal, STKIP FKIP Lamongan
Olim, Ayi. Pengembangan Nilai Agama Dan Moral bagi Anak Usia Dini , Jurnal 2010, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia, diakses 30 Januri 2022
Pengamatan Bebas di TK Aisyiyah Bustanul Ahfal 14 Samarinda, Dilaksanakan pada Tanggal, 17, 18, 19 Januari 2022.
Risnawati, Ivit. Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD, Vol.1.No. 2 diakses 30 Januri 2021
Rozalena. Pengelolaan Pembelajaran PAUD dalam Mengembangkan Potensi AUD,
Jurnal Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, No. 1, Januari-Juni 2017, diakses 30 Januri 2022
Sabi'ati, Amin. Membangun Karakter Aud Dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Di Ra Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2016, Vol.2 No.4 diakses 30 Januri 2022
Sapendi. Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini., Jurnal At-Turats 2015, Vol. 9. No. 2, diakses 30 Januri 2021
Quthb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam, ( Bandung:Al-Ma’arif , 2013), hlm. 363
Yunaida, Hana; Rosita, Tita Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1, diakses 30 Januri 2021
Yus, Anita. Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini, (Jawa Barat: Edu Publisher, 2020), hlm 4-6”.
Zainab. 2012. Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar TK Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona PAUD, Vol 1. No.03, diakses 30 Maret 2022
Published
2022-12-31
How to Cite
Wiwin, W., Robingatin, R., & Saugi, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 231-242. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.132