Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Madrasah Aliyah Putri di Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Barito Kuala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Madrasah Aliyah Puteri di Pondok Pesantren Darul Falah Puteri Kabupaten Barito Kuala. Objek dalam penelitian ini meliputi Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru kelas tiga mata pelajaran Akidah Akhlak, pimpinan pondok (kepala sekolah), dan sebelas orang santri. Adapaun metode yang dipilih menggunakan analisa kualitatif deskriptif versi Milees dan Huberman, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengeolahan yaitu menggunakan editing. Dalam pengambilan kesimpulan peneliti menggunakan metode deduktif, yaitu dengan menganalisis data yang bersifat umum kemudian mengarah kepada kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak pada Madrasah Aliyah Puteri di Pondok Pesantren Darul Falah secara umum sudah terlaksana dengan baik, ditinjau dari jiwa keberagamaan santri dan dukungan belajar dari guru serta lingkungan asrama yang sangat kondusif untuk menciptakan suasana yang agamis menjadi faktor pendukung berjalannya pembelajaran akidah akhlak dengan maksimal. Peran guru akidah akhlak sudah cukup baik dalam pelaksanaan pembelajaran, namun, di sisilain, terdapat faktor penghambat yang mengurangi keoptimalan pembelajaran akidah akhlak yaitu, kurangnya variasi mengajar guru seperti metode pembelajaran yang masih monoton, kurangnya media pembelajaran dan faktor yang cukup krusial adalah kebiasaan kurang baik dari santri yang dibawa dari lingkungan terdahulu kemudian tertular kepada santri yang lain.
References
A. Zahri, Pokok-pokok Akidah yang Benar (Yogyakarta: CV Budi Utama: 2019).
Al-Jumhuri, Muhammad Asroruddin. Belajar Akidah Akhlak (Sebuah Ulasan Ringkasan tentang Asas Tauhid dan Akidah Islamiyyah), (Yogyakarta, CV Budi Utama, Desember 2015).
al-Far, Muhammad Ali. Berdamai dengan Takdir – Pintar dan Benar Memahami Setiap Ketentuan Tuhan (Jakarta: Penerbit Zaman, 2011).
al-Muyassar, Muhamad Sayyid. Buku Pintar Alam Gaib (Jakata: Penerbit Zaman, 2009).
Alwi, B. Marjani. "Pondok pesantren: ciri khas, perkembangan, dan Sistem Pendidikannya." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 16.2 (2013).
Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap, 164 Model Pembelajaran Kontemporer, (Pusat Penerbit LPPM: 31 Mei 2021).
Ananda, Rusydi dan Abdillah, Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, landasan, fungsi, prinsip, dan model) (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2018).
Ardiana, Dewa Putu Yudhi, et al. eds. Metode Pembelajaran Guru (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta: Reneka Cipta, 2002).
Aulia, Nuansa. Himpunan Perundang-undangan, hlm. 10-11. Dalam Dedeng Rosyidin, hlm.18-19. Dalam Sudarto,
Az-Zandani, Syaikh Abdul Majid. Ensiklopedi Iman (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2016).
Baharits, Adnan Hasan Shalih. Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak Laki-laki, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996).
Banawi, Dwi Pendidikan Holistik dan Pembentukan Karakter-Implementasi Pendidikan Holistik pada Materi Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa, (Surabaya, CV. Global Aksara Pres, 2021).
Buchari, Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran”, Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan ilmu keraguan (FTIK) IAIN Manado. Vol. 12, No. 2,2011.
Daradjat, Zakiah. Kepribadian Guru (Cet. IV; Jakarta; PT. Bulan Bintang, 2005).
Darmadi. Arsitektur Akhlak dan Budi Pekerti dalam Interaksi Lintas Budaya, (Lampung: Awalova Publishing, 2019).
Dewi dan Dinie Anggraeni. "Membangun karakter kebangsaan generasi muda bangsa melalui integrasi pendidikan formal, informal dan nonformal." CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2.1 (2017)
Dewi Prasari Suryawati, “Implementasi Pembelajarann Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul”. Jurnal Pendidikan Madrasah, vol. 1, No. 2, November 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
Furchan, Arief. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-etika (Cet. III; Yogyakarta: Grha Guru, 2011).
Ginanjar, Hidayat dan Nia Kurniawati “Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak Al-karimah Peserta Didik” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, vol. 06, no. 12, Juli 2017.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,2017).
Hadi, Sutrisno. Metodologi Reseach Jilid I, (Yogyakarta: Andi, 2004).
Hamsan Hasan, Buku Panduan lengkap Agama Islam (Penerbit Agromedia Pustaka).
Hanafi, Halid La Adu dan Zainuddin. Ilmu Pendidikan Islam (Indonesia: Deepublish, 2018).
Harun, Salman. Tafsir Tarbawi: Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an, (Tanggerang:Lentera Hati, 2019).
Hawwa, Said. Al-Islam (Depok: Daarus Salaam, !993).
Hermawan, Asep. “Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali”. Jurnal Qathruna Vol. 1. No. 1, Periode Januari-Juni 2014.
Husaini, Pembelajaran Materi Pendidikan Akhlak (Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya, 2021).
Husaini, Pembelajaran Materi Pendidikan Akhlak (Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, 2021).
Husamah, Arina Restian, dan Rohmat Widodo, Pengantar Pendidikan (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019).
Irfangi, M. “Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah” Jurnal Kependidikan, vol. 05, No. 01, Mei 2017.
Junaidi, Yendri. Metode Rasulullah dalam Mendidik, (Yogyakarta: CV Budi Utama, September 2014).
Karimah, Ummah. "Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan." MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3.1 (2018).
Khaldun, Ibnu. Al-Mukadimah, As-Sya’ab. Dalam Abul Yazid Abu Zaid Al-Jami’, “Akidah Islam Menurut Empat Madzhab” (Jakarta Timur: Pustaka AL-Kautsar, 2012).
Khojir, Khojir, Amalia Nur Aini, and Agus Setiawan. “Development of Intercultural Competency on Islamic Education Materials at the State of East Kalimantan High School.” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, November 26, 2021, 451–462. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3633.
Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren (Jakarta: Prenada Media, 2018).
Kutsiyyah, Pembelajaran Akidah Akhlak (Pamekasan: Duta Media Publishing, 2017).
Marzuki, Wafi. Syarah Al-Lu’lu wal Marjan jilid 1 (Sidoarjo: Wafi Marzuki Ammar Press, 2022).
Miles dan Huberman, Qualitatif Analysis an Expanded Sourcebook, (california: Sage Publication Inc,1994).
Munjin, Ahmad Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Pt Rafika Adi Tama, 2009).
Nasution, Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983).
Pane, Aprida, Muhammad Darwis Dasopang, “Belajar dan Pembelajaran”. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03, No. 02, Desember 2017
Poerwadarminta, Wjs. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2006).
R. Gilang. K, Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di era Covid-19 (Banyumas: Lutfi Gilang, 2020).
Rebuplik indonesia, “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan,”.
Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013, Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab,”.
Rohmah, Siti. Buku Ajar Akhlak Tasawuf (Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2021).
Saputra, Thoyib Sah dan Wahyudi. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak, (Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2016).
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).
Sari, Bana dan Santi Eka Ambaryani. Pembinaan Akhlak Pada Remaja (Guepedia, 2021).
Setiawan, Agus.. “Relevansi Pendidikan Akhlak Di Masa Modern Perspektif Bediuzzaman Said Nursi.” Syamil 4, no. 2 (2016): 105–128.
_________________. “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Burhanuddin Al-Zarnuji.” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 14, no. 1 (June 1, 2014): 1–12. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.4.
Shaliba, Jamil. Al-Mu’jam Al-Falsafi, Juz I, (Mesir: Dar al-Kitab al-Mishri, 1978), hlm. 539. Dalam Muhammad Afif Bahaf, “Akhlak Tasawuf”, (Serang: Puri Kartika Banjarsari, 2015).
Rahim, Abdan, and Agus Setiawan. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Berbasis Pembiasaan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7, no. 1 (June 1, 2019): 49–70. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1715.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an (Mizan Pustaka, 1994).
Sobirin, Kepala Sekolah, Guru dan pembelajaran (Bandung: Penerbit Nuansa, 2018).
Sudarwan, Danim. Menjadi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Pustaka Setia, 2002).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006).
Sunhaji. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah/Madrasah (Studi Teoritik dan Praktik di Sekolah/Madrasah), (Banyumas: Zahira Media Publisher, 2020).
Syuhada, Harjan dan Fida’ Abdillah, Akidah Akhlak – Madrasah Tsanawiyah kelas VII (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021).
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis, (Jakarta Pusat: PT Bina Ilmu, 2004).
Tim pengembang ilmu pendidikan FIP–UPI, “Ilmu dan Aplikasi Pendidikan”, (Grasindo, 2007).
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Jakarta: Kencana, 2009).
Umar, Atho’illah. Ilmu Hadist Dasar (Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbulah, 2020).
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional (cet. II; PT. Remaja Rosdakarya, 1990).

