Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pasca Pandemi di Kelas III SD Negeri 15 Maripi Manokwari

  • Siti Muflihah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Fatimahtun Zahra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Felixia Valentina Jawa Liwun STKIP Muhammadiyah Manokwari
Keywords: kesulitan belajar, masa pandemi, peran guru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perpasca pandemilahan yang menunjukkan bahawa siswa kelas III di SDN 15 Maripi   mengalami kesulitan belajar yang menghambat proses belajar siswa yaitu membaca, menulis dan berhitung pada pasca pandemi Covid-19, karena selama pasca pandemi covid-19 siswa hanya mengambil tugas di sekolah dan mengerjakan di rumah secara mandiri. Ada pun tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pasca pandemi di kelas III SDN 15 Maripi dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pasca pandemi di kelas III SDN 15 Maripi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan informen mengenai Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pasca pandemi di kelas III SD Negeri 15 Maripi Manokwari. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan perubahan sistem belajar siswa yang dilaksanakan secara luring membuat siswa mengalami berbagai kesulitan dalam belajar seperti kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, guru dapat berperan dalam membimbing, mengajar dan melatih siswa saat belajar   dengan upaya   yang di lakukan yaitu guru memberikan jam tambahan belajar, memberikan tugas persuku kata agar siswa mau belajar secara mandiri, serta memberikan dorongan berupa motivasi agar siswa termotivasi dan giat dalam belajar. Dan ada pun faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan eksternal.

References

Anres (2020) Covid: seluk beluk corona virus (yogyakarta : Arruzz media)

Buana (2020) Analisis prilaku masyarakat indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) dan kiat menjaga kesejahteraan jiwa. Jurnal. Salam Jurnal sosial dan Budaya Syar-i.

Creswell dalam Sugiyono (2014). Skripsi tesis dan disertasi. Bandung :Alfabeta

Cruz dalam Utami (2020) Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.

Dhina K, A, (2016), Idenfikasi kesulitan belajar siswa pada pasca pandemi. Jurnal pendidikan sekolah dasar edisi 3,5, 169-182.

Djamarah (2015).Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Intania (2021) Peran Guru Kelas I Dalam Pembelajaran Pasca pandemi Covid-
19”Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Falkutas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Purwokerto

Ismail (2016) Diaagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran di sekolah.
Jurnal eduktif

Meleong dalam Suryano Anggraeni 2011, pemeriksaan keabsahaan data diakses tanggal 19 januari 2011.

Mulyadi. (2010) diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus.

Munirah (2018) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jurnal pendidikan agama islam. TARBAWI Vol 3 No, 2 Juli-Desember 2018. P- ISSN : 2527-4082, e-ISSN : 2622-920X

Ntelok, 2021. Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar di tengah pandemi covid-19. Jurnal JIPD Vol.5, No 2 hal, 148-155
E-ISSN : 2598-408X, P-ISSN : 2541-
0202http://uniktpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd. http
:/doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861

Ressy 2019. Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Falkutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jamb.

Ririn Noviyanti Putri 2020, meningkatkan kesadaran diri untuk mencegah virus covid-19 Universitas Batahari

Slameto dalam Utami (2020). Faktor penyebab kesulitan belajar. Edukatif: Jurnal
Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101

Sohrabi ,C . (2020). World Health Organization declares global emergency: Arevieworf the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International journal of Surgery,71-76.

Sudjana, Nana. (2014) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja
Rosdakarya.

Sugiyono, 2016. Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tahir, Muh. 2011. Pengantar metodelogi penelitian. Makasar : Universitas
Muhammadiyah Makasar

Utami, F.N. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD.
Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.
Published
2023-07-20
How to Cite
Muflihah, S., Zahra, S. F., & Liwun, F. V. J. (2023). Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pasca Pandemi di Kelas III SD Negeri 15 Maripi Manokwari. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 8(3), 195-205. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i3.156